diasindonesia











{November 4, 2011}   Tugas Phobia

MY PHOBIA

Rasa takut merupakan reaksi manusiawi yang secara biologis merupakan mekanisme perlindungan bagi seseorang pada saat menghadapi bahaya. Ketakutan adalah emosi yang muncul pada saat orang menghadapi suatu ancaman yang membahayakan hidup atau salah satu bidang kehidupan tertentu. Ketakutan biasa disebut dengan tanda peringatan terhadap hidup, peringatan agar berhenti, melihat atau mendengarkan.

Saya mau cerita tentang phobia saya. Saya memilik phobia terhadap petir, atau biasa orang bilang itu geledek.  Saya mengalami itu sejak sekitar umur  8 tahun. Saya belum pernah tersambar petir, tapi saya pernah nyaris tersambar oleh petir. Saat itu hujan dan  saya sedang berjalan dengan orang tua saya. Tiba-tiba ada pohon pisang disamping saya dan orang tua saya  tersambar petir. Kemudian saya menangis saat itu. Ditambah saat saya menonton film-film yang ada orang  tersambar petir. Sehingga saat saya sedang kehujanan dan ada petir, saya sangat ketakutan dan sampai minta pertolongan orang. Agar  bisa berteduh sejenak ditempat yang aman dari petir. Phobia petir ini disebut dengan Astraphobia. Fobia petir memiliki ciri-ciri yang sama dengan fobia lainnya yaitu berkeringat, tubuh gemetar dan menangis saat mendengar atau melihat petir. Gejala ini biasanya akan semakin meningkat jika orang tersebut sendirian. Banyak orang yang mencari perlindungan seperti bersembunyi di balik selimut, di bawah tempat tidur, atau bersembunyi di suatu ruangan untuk menghalangi suara petir.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia petir, seperti dikutip dari eHow, Rabu (14/10/2009), yaitu:

Temukan penyebab ketakutan. Mencoba menemukan suatu peristiwa dalam hidup yang mungkin telah memicu timbulnya fobia bisa membantu mengatasi rasa takut.
Belajar teknik pernafasan dalam. Hal ini bisa membantu membuat rileks saat tubuh sedang cemas, mengendalikan perasaan serta bisa menenangkan diri.
Kumpulkan pengetahuan mengenai petir. Dengan begitu bisa membantu memahami secara keseluruhan mengenai petir, sehingga mungkin menemukan bahwa ketakutan tersebut berasal dari bahaya yang tidak nyata.
Aman berada di rumah. Pastikan bahwa jendela dan pintu sudah tertutup dengan benar sehingga menimbulkan perasaan aman berada di dalam rumah.
Mengendalikan situasi. Kenali rasa takut dan tenangkan diri, mintalah seseorang untuk tinggal bersama saat sedang berusaha untuk mengatasi ketakutan tersebut. Tanamkan keberanian untuk bisa mengalahkan ketakutan dan jangan membiarkan panik menguasai Anda.

Pada dasarnya fobia petir bisa diobati hingga sembuh, sehingga penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental dan membangkitkan keberanian dalam diri sendiri.

Sumber:

http://lightningbuster.blogspot.com/2009/10/mengatasi-phobia-petir.html

http://exiaprasetya.wordpress.com/2010/05/15/apa-itu-phobia/



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: