diasindonesia











{November 4, 2011}   Mitos Candi Prambanan

Mitos Candi Prambanan

Tempat wisata di Indonesia banyak sekali, salah satunya Candi Prambanan. Biasanya tempat wisata banyak dikunjungi untuk sarana rekreasi keluarga atau bagi pasangan kekasih. Tetapi sebagian orang menganggap bahwa sarana hiburan di Candi Prambanan memiliki dampak negatif khusunya untuk sepasang kekasih. Ternyata ada mitos yang menyatakan bahwa jika berkunjung ke candi “Roro Jonggrang” ini akan “putus”. Masyarakat sekitar mempercayai hal tersebut, karena banyak bukti yang menyatakan hal tersebut itu benar. Contohnya seorang perempuan terkena kutukan menjadi perawan tua akibat setelah masuk ke dalam candi Roro Jonggrang bersama kekasihnya.

Hal-hal yang mendasari mitos ini yaitu karena konon adanya hubungan kisah cinta antara “Bandung Bodowoso” dan “Roro Jonggrang”. Dahulukala berdirilah kerajaan di Pengging. Sang Raja mempunyai seorang putera yang bernama Bandung Bondowoso, saat dewasa ia menjadi seorang pemuda yang gagah juga sakti.

Di Prambanan juga berdiri sebuah kerajaan. Rajanya bernama Ratu Boko.Ratu Boko memiliki seorang puteri yang sangat cantik bernama Roro Jongrang. Kerajaan Pengging dan Prambanan bermusuhan,terjadi peperangan yang hebat waktu itu.
Awalnya kerajaan Pengging kalah, Bandung Bondowoso maju ke medan perang. Pengging dapat mengalahkan Prambanan. Bandung Bondowoso berhasil membunuh Prabu Boko. Saat masuk istana Prambanan,Bandung Bondowoso melihat Roro Jongrang,seketika itu ia langsung jatuh cinta dan hendak memparistrinya
namun Roro jongrang menolak karena ia tidak mau di persunting oleh pembunuh ayahnya. Bandung Bondowoso lantas memaksa Roro Jongrang agar mau dinikahi olehnya. Akhirnya Roro Jongrang mau di peristri dengan syarat Bandung Bondowoso harus membuat seribu candi dan dua sumur yang sangat dalam dengan waktu satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupinya.Kemudian Bandung Bondowoso meminta bantuan kepada makhluk-makhluk halus untuk membangun seribu candi,mereka segera bekerja keras setelah matahari terbenam,dengan cepat berdirilah candi-candi yang megah.

Pada tengah malam,tinggal satu candi yang belum berdiri.Roro Jongrang terkejut melihat hal itu.Ia mencari akal untuk menggagalkan usaha bandung Bondowoso. Roro Jongrang Membangunkan Gadis-gadis desa.mereka di suruh menumbuk padi sambil memukul-mukul lesung,maka ayam jantanpun berkokok bersahutan.mendengar ayam jantan berkokok,makhluk-makhluk halus segera menghentikan pekerjaannya.mereka menyangka sebentar lagi matahari akan terbit,maka gagallah Bandung Bondowoso untuk mendirikan seribu candi. Bandung Bondowoso sangat marah karena di tipu oleh Roro Jongrang di kutuklah Roro Jongrang Menjadi Arca batu. Jadilah Roro jongrang arca besar di candi Prambanan.Maka candi Prambanan sering juga di sebut dengan Candi Roro Jongrang.

Dizaman sekarang ini sudah banyak yang kurang mempercayai hal tersebut karena muda-mudi saat ini sudah memiliki wawasan yang luas dan sudah sangat pintar untuk memilih mana yang dipercaya dan yang tidak untuk dipercaya.

Nara Sumber:

sulist – Ibukitakartini.com

http://pariwisata.infogue.com/candi_prambanan_dan_mitos_pasangan_muda_mudi_yang_ke_sana_bakal_putus_



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: